Walikota Sebut Taman Kota Mirip Semak Belukar

Walikota Sebut Taman Kota Mirip Semak Belukar

KESAMBI – Sejumlah taman di Kota Cirebon, tak terkecuali di pusat kota seperti Kejaksan, seolah tak terurus. Dinas terkait pun terkesan tidak melakukan penataan dan perawatan. Atas hal itu, Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH tak bisa menutupi kekesalannya.
\"walikota
Walikota Cirebon Nasrudin Azis sentil PNS. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon
Orang nomor satu di Kota Cirebon itu sewot saat memimpin apel bersama para pejabat di lingkungan Pemkot Cirebon, di halaman gedung sementara setda di kompleks Bima, Senin (6/3). 

Ia menyemprot pejabat di dinas terkait yang menangani pertamanan. “Karena saya prihatin. Kota Cirebon ini seperti tidak ada pemerintahannya. Taman di kota seperti semak belukar. Tidak diurus oleh yang seharusnya mengurus itu,” ungkap Azis, usai apel.

Ia menambahkan, taman semestinya menjadi salahsatu ruang publik yang tertata rapi dan indah, bukan malah sebaliknya. Untuk itu, Azis menegaskan, bila dinas terkait tidak langsung turun tangan melakukan penataan, dirinya langsung yang akan melakukan itu bersama masyarakat.

“Kalau dinas tidak ada yang bergerak, saya akan mengajak rakyat saya untuk kerja bakti‎. Saya tidak akan berpangku tangan, karena sulitnya birokrasi kita untuk menyukseskan program penghijauan,” tuturnya dengan nada kesal.

Namun demikian, Azis tetap memberi kesempatan kepada dinas terkait atau secara pribadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang peduli terhadap keindahan taman di Kota Cirebon untuk terjun langsung menata dan memperindah. “Saya mengimbau kepada PNS yang punya hati nurani untuk mengabdi, mari kita perindah taman kita,” ujarnya.

Politisi Partai Demokrat itu mengatakan, setelah dirinya menanyakan kepada dinas terkait mengenai alasan tidak terurusnya beberapa taman, diketahui faktor anggaran yang minim jadi penyebabnya. “Belum masuk (maksimal) anggarannya. Ya sudah kita akan ambil jalan pintas, melibatkan masyarakat bersama-sama kerja bakti,” kata dia.

Meski ia menyayangkan leletnya dinas terkait menangani persoalan itu, tapi Azis mengapresiasi kesigapan Satpol PP yang tak lama setelah dirinya menyampaikan di apel, langsung turun tangan. Satpol PP langsung melakukan bersih-bersih di taman tugu Kejaksan.

“Kalau dinas terkait memahami, harusnya merespon. Saya bangga kepada Satpol PP. Pagi saya sampaikan, langsung ada action. Di tugu Kejaksan sudah bersih dan rapi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Cirebon, Drs Andi Armawan mengaku, pihaknya setelah apel selesai, langsung bergegas menuju taman tugu Kejaksan untuk membersihkan dan merapikan. “Kita langsung terjun untuk membersihkan dan menata. Insya Allah besok (hari ini, red) kita akan lanjut ke taman yang lainnya,” kata Andi. (jri)

Sumber: